PROTOZOA

(Laporan Praktikum Avertebrata Air)

 

 

 

Oleh

 

 

Riris Yuli Valentine

0814111067

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS LAMPUNG

2010

  • Protozoa digolongkan dalam kelompok protista, mengapa demikian?

    Karena protozoa memiliki anggota yang hamper seluruhnya tergolong dalam protista, protozoa memiliki cirri-ciri yang sama dengn protista, yaitu tubuhnya terdiri atas satu sel dan eukariotik. Memiliki ciri-ciri umum: organisme unisellular (bersel tunggal), eukariotik (memiliki membrane nukleus), hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok), umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof), hidup bebas, saprofit atau parasit, alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagella.

    [http://e-dukasi.net/mapok/mp_full.php.id. tgl akses 10 0ktober 2010]

 

  • Fungsi ekologis protozoa

    Peran yang menguntungkan:

  1. Mengendalikan populasi bakteri, sebagian protozoa memangsa bakteri sebagai makanannya, sehingga dapat mengontrol jumlah populasi bakteri di alam.
  2. Indikator minyak bumi, contoh Foraminifera.
    Fosil Foraminifera menjadi petunjuk sumber minyak, gas, dan mineral.
  3. Sumber makanan ikan. Di perairan sebagian protozoa berperan sebagai plankton (zooplankton) dan benthos yang menjadi makanan hewan air, terutama udang, kepiting, ikan, dll. Contoh Euglena dan Paramecium.
  4. Bahan penggosok, endapan radiolaria di dasar laut yang membentuk tanah radiolaria, dapat dijadikan sebagai bahan penggosok.

Peran yang merugikan:

Protozoa dapat menjadi penyebab terjadinya sumber penyakit, antara lain: Disentri: Entamoeba histolytica, Diare (Balantidiosis): Balantidium coli, Penyakit tidur (Afrika): Trypanosoma gambiense, Toksoplasmosis (kematian janin), Toksoplasma gandii: Malaria tertian, Plasmodium vivax: Malaria quartana: Plasmodium malariae: Malaria tropika: Plasmodium falciparum.

[http://e-dukasi.net/mapok/mp_full.php.id. tgl akses 10 0ktober 2010]

Parasit: Fasciola hepatica (cacing hati), Chlonorchis sinensis, hidup pada daging ikan air tawar (inang sementara), Schistosoma mansoni, hidup dalam darah, Fasciolopsis buski, hidup dalam usus, Paragonimus westermani, hidup dalam paru-paru. [http://tedbio.multiply.com/journal/item//11/invertebrate. diakses tgl 11 oktober 2010]

 

  • Apa alasannya hewan terkecil dan terbesar di dunia hidup di air.

    Hewan terbesar dan terkecil dapat hidup di air karena di daerah perairan banyak terdapat mineral-mineral dan zat-zat penting yang tidak ada di daratan. Organisme yang hidup di perairan dapat berkembang maksimal karena lebih banyak mendapatkan zat-zat atau unsure hara yang penting untuk diperlukan oleh tubuh dan memiliki ruang gerak yang luas.

 

  • Perbesaran dengan membentuk koloni dan replikasi segmen bagian mana, contoh hewan, bandingkan ukuran tubuh tersebut dan beri kesimpulan.

    Contoh koloni : terumbu karang termasuk filum zoantharia, karena jenis koral merupakan koloni dengan sejumlah besar polip-polip kecil dengan sejumlah koloni tersebut dapat menjadi besar (Suwigyo dkk.,1998).

    Contoh replikasi segmen: cacing polychaeta filum annelid. Segmentasi pada annelida tidak hanya membagi otot dinding tubuh saja melainkan menyekat rongga tubuh dengan sekatan yang disebut septum, yang mengalami segmentasi yaitu sepanjang sumbu anterior dan posterior (Suwigyo dkk.,1998)

    Kesimpulan: jadi dari kedua jenis hewan invertebrata tersebut memiliki cara yang berbeda dalam memperbesar ukuran tubuhnya dari jenis filumnya sendiri juga berbeda terumbu karang dengan membentuk polip-polip dan cacing polychaeta dengan mengembangkan segmen-segmen tubuhnya.

 

 

About ririssinaga

aku anak pertama dari 3 bersaudara perempuan sendiri loh...^_^ aku dari keluarga yg sederhana .. aku sedang mendalami jurusan bidang budidaya perikanan... aku seseorang yang rame, ceriwizzz, bawel, friendly...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s